cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25484435     EISSN : 26158752     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia telah memiliki P-ISSN: 2548-4435 (Media Cetak) dan E-ISSN : 2615-8752 (Media Online) yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu, yang memuat artikel-artikel yang berisi tentang hasil-hasil penelitian, telaah/tinjauan pustaka, kasus lapangan atau gagasan dalam bidang ilmu matematika dan Pendidikan Matematika.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2021)" : 12 Documents clear
Analisis Sikap dan Konsep Diri Siswa terhadap Matematika (Studi Survei pada Siswa MTs Se-Kabupaten Kerinci) Dela Kristia; Mhmd Habibi; Yatti Fidya; Aan Putra
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i3.13366

Abstract

Sikap dan konsep diri siswa memiliki peranan penting terhadap prestasi belajar siswa, karena sikap dan konsep diri siswa dapat berpengaruh pada kemampuan matematika siswa. Berdasarkan hasil Programme for International Student Assessment (PISA) selama kurun waktu 15 tahun menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa di Indonesia masih rendah dan berada dibawah rata-rata. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis sikap dan konsep diri siswa terhadap matematika (Studi Survey pada Siswa MTs Sekabupaten Kerinci). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, dengan jenis penelitian Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTsN yang berjumlah 952 orang dengan sampel 90 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purvosive sample. Hasil analisis penelitian sikap siswa MTs sekabupaten Kerinci terhadap matematika berada di kategori rendah dengan frekuensi paling banyak yakni 51 orang dengan presentase 56,7% di ikuti dengan kategori sedang dan yang terakhir kategori tinggi. Dan konsep diri siswa MTs sekabupaten Kerinci terhadap matematika berada di kategori rendah dengan frekuensi paling banyak yakni 52 orang dengan presentase 57,8% di ikuti dengan kategori sedang dan yang terakhir kategori tinggi.
Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Modul Matematika Dasar Berorientasi HOTS untuk Meningkatkan Resiliensi Matematis Ade Evi Fatimah; Husna Lubis
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i3.18221

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan analisis kebutuhan dalam mengembangkan modul matematika dasar berorientasi HOTS untuk meningkatkan kemampuan resilensi matematis mahasiswa. Penelitian ini adalah bagian dari tahapan penelitian dan pengembangan. Yang menjadi subjek pada penelitian adalah mahasiswa semester satu program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer STKIP Al Maksum Langkat. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data dilakukan secara deskriptif guna mendeskripsikan hal-hal yang ditemukan dalam analisis kebutuhan dan persiapan penyusunan modul matematika dasar. Berdasarkan temuan penelitian diperoleh bahwa mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer STKIP Al Maksum Langkat berasal dari latar belakang sekolah dan juga kemampuan awal yang beragam serta dibutuhkan modul yang dapat memfasilitasi berbagai kemampuan awal tersebut serta dapat mengoptimalkan perkuliahan secara efektif guna mencapai tujuan dan capaian mata kuliah matematika dasar. Disamping itu ketahanan matematika (kemampuan resiliensi matematis) mahasiswa masih tergolong rendah sehingga perlu dilakukan pengembangan modul matematika dasar yang berorientasi pada HOTS untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan resiliensi matematis mahasiswa.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Widyanti Widyanti; Zetriuslita Zetriuslita; Suripah Suripah; Rahma Qudsi
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i3.16809

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model dari Sugiyono. Dikarenakan penelitian dilakukan dimasa pandemi Covid-19, maka peneliti membatasi prosedur pengembangan menjadi 6 tahap yang telah di modifikasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi RPP dan lembar validasi LKPD. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes berupa lembar validasi yang diberikan kepada 4 orang validator, yaitu 2 orang dosen Pendidikan Matematika dan 2 orang guru matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Data hasil validasi yang diperoleh menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran teruji kevalidannya.
Analisis Learning Loss Kemampuan Literasi Statistis Mahasiswa Ika Noviantari; Faridhoh Faridhoh
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i3.19104

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan learning loss kemampuan literasi statistik mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan 33 mahasiswa angkatan 2019 jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan sebagai sampel. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini menggunakan tes uraian dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi learning loss kemampuan literasi statistis mahasiswa di jurusan Pendidikan Matematika khususnya pada kemampuan memahami data, dan mengkomunikasikan data. Hal ini didukung dengan hasil uji kemampuan literasi statistis mahasiswa yang secara keseluruhan masuk dalam kategori rendah. Hasil dua indikator kemampuan literasi statistis yaitu memahami dan mengkoordinasikan data juga masuk dalam kategori rendah. Learning loss yang dapat diidentifikasi dari kemampuan literasi statistis yaitu sebanyak 28,3% mahasiswa tidak menjawab soal yang diberikan dari indikator menginterpretasikan data yang diberikan, serta 32,58 % dalam mengkomunikasikan hasil olah informasi/data.
Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Google Meet Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu Bella Trinofita; Saleh Haji; Zamzaili Zamzaili
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i3.16013

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran menggunakan Google Meet terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran menggunakan Google Meet dan kelas VII D sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional menggunakan WhatsApp group. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan instrumen tes. Analisis data instrumen tes menggunakan uji Anova dua jalur. Hasil penelitian ini adalah nilai sig pembelajaran 0,010 < 0,05, maka H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan Google Meet terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dengan besaran efek dari pembelajaran Google Meet sebesar 0,578 dengan kategori sedang.
Analisis Kontruksi Pengetahuan Berdasarkan Teori APOS Materi Teorema Pythagoras Pada Pembelajaran Model ICARE Dewi Purnama Sari; Gerry Sastro; Yana Yana
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i3.16298

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontruksi pengetahuan teorema pythagoras dalam pemecahan masalah serta tingkat pencapaian kompetensi dengan pembelajaran model ICARE. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif jenis studi kasus. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan serta diambil 3 siswa dalam mendeskripsikan kontruksi pengetahuan dalam pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test uraian pemecahan masalah, wawancara semi terstruktur.. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran ICARE sangat efektif dalam mencapai ketuntasan kompetensi materi pythagoras dengan 66,7%. Responden 1 mampu mengkontruksi pengetahuan dalam proses pemecahan masalah dengan tahapan aksi, proses, objek dan skema. Responden 2 mampu mengkontruksi pengetahuan sampai tahapan objek. Sementara responden 3 hanya melalui tahapan aksi.
Implementasi Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa pada Pembelajaran Matematika Ahmad Taufik
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i3.18426

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran make a match terhadap metakognisi siswa. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah SMPN di Kecamatan Praya kelas VIII tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan instrumen tes yang berbentuk soal esay dan angket. Setelah data terkumpul data dianalisi menggunakan rumus ANOVA satu jalan. Dari hasil analisis data, maka dapat dinyatakan bahwa hasil penelitian yaitu metakognisi siswa dengan kriteria tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih baik daripada metakognisi siswa dengan kriteria sedang dan rendah. Artinya pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran make a match memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap meta kognisi siswa maupun terhadap hasil belajar.
Pengembangan Modul Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Konteks Budaya Banjar Munaifa Haifa; Noor Fajriah; Yuni Suryaningsih
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i3.15703

Abstract

Salah satu ilmu pengetahuan yang memiliki manfaat dalam mengatasi masalah sehari-hari adalah matematika. Namun, banyak siswa yang merasa kurang senang dalam belajar matematika, salah satunya dikarenakan bahan ajar yang kurang menarik sehingga diperlukan bahan ajar yang menarik, salah satunya adalah modul yang konteksnya terkait dengan kegiatan sehari-hari masyarakat suku Banjar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah modul sistem persamaan linear dua variabel berbasis konteks budaya Banjar yang layak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model Plomp. Uji coba dilakukan pada enam siswa kelas VIII SMPN di Banjarmasin yang mewakili kemampuan matematika rendah, sedang dan tinggi. Berdasarkan empat fase model Plomp, diperoleh modul sistem persamaan linear dua variabel konteks budaya Banjar yang valid dan efektif.
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Limit dan Kekontinuan Hanifah Hanifah
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i3.16772

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah (KPM) mahasiswa dalam menyelesaian soal limit dan kekontinuan pada perkuliahan Analisis Real. Penelitian ini berupa penelitian ex post facto, yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Subjek sasaran dalam penelitian ini adalah mahasiswa program Pasca Sarjana Pendidikan Matematika FKIP UNIB yang mengambil matakuliah Analisis Real pada semester genap TA 2020/2021 yang berjumlah 13 orang. Instrumen penelitian adalah lembar tes dan lembar acuan analisis KPM menurut tahapan Polya yang terdiri dari : P1 Memahami Masalah; P2 Merencanakan Penyelesaian; P3 Melaksanakan Rencana; P4 Memeriksa Kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: nilai rata-rata hasil KPM mahasiswa = 75,47 dan kualifikasi baik. Nilai rata-rata KPM tiap tahapan Polya adalah: P1 = 88,46 ; P2 = 61,54 ; P3 = 60,15; P4 = 60.00. Artinya umumnya mahasiswa mampu memahami soal dengan kualifikasi sangat baik, namun untuk KPM mahasiswa tahap merencanakan, tahap melaksanakan rencana, dan tahap memeriksa kembali  termasuk kualifikasi cukup.
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi SPLTV Novferma Novferma; Mujahidawati Mujahidawati; Erin Setiana
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 6, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jpmr.v6i3.18419

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah  pada materi SPLTV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kabupaten Tebo, Jambi. Subjek dari Penelitian ini terdiri atas empat siswi kelas 10 yang mempunyai gaya kognitif impulsif dari hasil tes gaya kognitif. Data diolah menjadi tiga tahap yaitu reduksi data, sajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa dari indikator kemampuan komunikasi matematis dari empat subjek, dua subjek mampu mencapai lima indikator dan dua subjek hanya mampu mencapai satu idikator kemampuan matematis pada siswa bergaya kognitif impulsif.

Page 1 of 2 | Total Record : 12